-:-

Pendapatan Dari Bisnis Periklanan Di TV Swasta Nasional 2015

Pertelevisian Tanah Air memang selalu menyuguhkan hal-hal menarik. Tak jarang, setiap stasiun televisi swasta nasional pasti memiliki pangsa pasar sendiri untuk menarik minat para pemirsanya, termasuk pengiklan.

Dalam laporan belanja iklan TV utama 2015, mengutip Sigi Kaca Pariwara, stasiun televisi swasta nasional dengan segmentasi utama hiburan selalu mendapatkan belanja iklan terbanyak.

Seperti halnya kuartal pertama di 2015, RCTI rupanya mengantongi belanja iklan televisi terbanyak dibandingkan 13 stasiun televisi lain berdasarkan hasil riset yang dilakukan AdsTensity selama tiga bulan pertama.

Tercatat, stasiun TV itu mengantongi pendapatan kotor sekitar Rp2,03 triliun dengan persentasi sebaran iklan hingga 14,85 persen. Di bawah RCTI, posisi kedua ditempati oleh stasiun TV milik keluarga Sariatmadja. SCTV memperoleh pendapatan kotor sekitar Rp1,99 triliun. Sementara di posisi ketiga, MNC TV memperoleh pendapatan kotor sekitar Rp1,59 triliun dengan porsi persebaran iklan sebesar 11,69 persen.

Sementara itu, untuk brand atau merek dagang yang melakukan investasi terbesar memasang iklan adalah Sampoerna Mild, dengan spending investasi mencapai Rp223,8 miliar, diikuti Pond's Acne Clear sebesar Rp192,8 miliar. Di posisi ketiga ada brand Frisian Flag senilai Rp187,6 miliar diikuti oleh Mie Sedaap dan Dettol, masing-masing mengantongi spending investasi sebesar Rp157,8 miliar dan Rp121,7 miliar.

Meski brand rokok menduduki posisi paling tinggi belanjanya, lini industri personal care seperti perawatan tubuh dan rambut justru menduduki posisi teratas dengan belanja total mencapai Rp2,6 triliun. Di posisi kedua produk household seperti tisu, obat nyamuk, penyegar dan lain-lain memperoleh belanja total sebesar Rp1,01 triliun.

Industri automotif menempati peringkat tiga dengan belanja total mencapai Rp441,5 miliar diikuti industri telekomunikasi dan gadget. Untuk program acara yang paling banyak menyedot perhatian untuk memasang iklan TV adalah program sinetron di SCTV dan RCTI dengan pendapatan masing-masing sekitar Rp706 miliar dan Rp647,6 miliar.

Peringkat ketiga diisi Animasi Spesial MNC TV dengan pendapatan Rp507,5 miliar diikuti D'Terong Show Indosiar Rp302,4 miliar dan Big Movies Platinum Global TV sebesar Rp228,18 miliar.




Sumber: Metrotvnews.com

Tinggalkan Pesan Atau Link Anda Di Bawah Ini

Thanks for coming ...

°