-:-

CARA MENGOPTIMALKAN AUDIO MOBIL SYSTEM

Bisnis-DIY - Jika anda ingin suara stereo audio mobil anda lebih bagus suaranya solusinya mengganti head unit mobil lama. Kenapa head unit yang harus diprioritaskan dahulu..

Hal itu karena head unit menerima semua sinyal system audio yang anda dengar berasal atau lebih tepat diumpamakan sebagi pusat kontrol system audio. Jadi head unit memiliki faktor paling utama untuk menilai kwalitas stereo mobil yang anda dengarkan.

Head unit memang digunakan sebagai pemutar audio dalam bentuk keping CD digital. Prinsip kerjanya adalah menerima data dari keping CD lalu membacanya menggunakan laser digital optik dan memainkan dalam bentuk sinyal audio yang anda dengarkan. Head unit memiliki banyak kontrol pengatur stereo system seperti aktif crossover, loudnes, mengatur bass dan treble, dan auto equalizer.

Kontrol audio ini digunakan untuk memberi suara stereo agar lebih baik. Ada beberapa head unit meurut jenisnya double din atau single din. Single din berukuran seperti CD player mobil sedangkan double din berukuran dua kali dari single din dan terdapat layar monitor.

Mengganti Speaker audio mobil
Sebelum anda memasang head unit mobil baru, pastikan bahwa kita memiliki metode terbaik untuk instal audio mobil. Apabila mengganti head unit baru untuk stereo system cara terbaik yakni mengganti speaker mobil lama dan membeli yang berkwalitas baik untuk mobil anda.

Mengganti speaker mobil akan membuat suara stereo lebih baik dari sebelumnya. Pastikan daya speaker sudah ideal dengan pre output head unit mobil stereo system. Apabila anda ingin menambahkan power tambahan sebaiknya pilih speaker mobil type split komponent sebab jenis speaker ini dapat menghadirkan staging yang lebih baik.

Speaker 2 way adalah speaker komponent yang terdiri dari tweeter yang dapat anda letakan pada pilar dashboar sebelah kiri dan kanan. Pastikan diameter speaker mobil yang anda pilih sesuai dan dapat dipasang tanpa menghalangi pintu kaca mobil. Speaker mobil ini sangat vital untuk stereo system karena kesalahan dalam memilih speaker dapat membuat stereo system anda kurang maksimal atau lebih buruk kualitasnya.

Menambahkan subwoofer audio mobil
Apabila anda inginkan suara bass yang cukup kuat gunakanlah subwoofer. Subwoofer berfungsi menghadirkan nada rendah tapi tidak semua speaker bisa terpasang didalam pintu kendaraan. Subwoofer butuh ruang khusus, dalam peletakanya terkadang cukup menyita ruang interior mobil anda. Subwoofer yang berukuran besar menghadirkan pukulan bass yang keras karena material box subwoofer terbaik menggunakan bahan mdf, dan bahan ini sangat baik untuk meredam getaran yang ditimbulkan subwoofer.

Ada beberapa jenis subwoofer yang dapat anda beli di toko audio mobil misalnya aktif subwoofer, jenis ini sudah built in amplifier, modelnya cukup sederhana dan tipis sehingga dapat mudah diletakan dibawah kursi pengemudi. Subwoofer aktif seperti ini memiliki kelemahan untuk tenaga dan pukulan bass yaitu kurang maksimal, dan subwoofer jenis ini juga tidak terdapat box namun untuk pengguna yang ingin praktis tanpa menyita ruang interior mobil dapat memilih subwoofer aktif.

Memasang power amplifier audio mobil
Amplifier mutlak anda butuhkan untuk memperkuat daya sinyal suara speaker. Subwoofer dapat bekerja apabila menggunakan amplifier sebab daya besar dari subwoofer dapat direpro dari perangkat ini. Amplifier menurut jenisnya terdiri dari amplifier 4 kanal dan amplifier dapat membunyikan speaker dan subwoofer termasuk dalam jajaran amplifier multiguna.

Daya ampli mobil memang kecil namun cukup praktis serta berharga ekonomis. Kontrol audio dari panel belakang terdiri dari pengatur aktif crossover, gain level, hight/ low pass filter, bass boost, terminal front dan rear (utama).

Menambahkan ampli monoblok
Amplifier monoblok memiliki daya yang besar, dan fungsinya hanya untuk merepro suara bass berdaya besar sehingga bass dapat terdengar maksimal. Amplifier monoblok hanya terdiri kontrol low pass filter harga cukup mahal dan dibutuhkan asupan daya yang besar untuk bekerja, tapi pemasangan ampli ini bisa dibilang tidak wajib. Sekian semoga bermanfaat..

Tinggalkan Pesan Atau Link Anda Di Bawah Ini

Thanks for coming ...

°