-:-

JEMBATAN BANTAR SUNGAI PROGO DIY

 

Mungkin anda pernah melihat film janur kuning? Didalamnya terdapat adegan pertempuran di sebuah jembatan tua nan unik yang arsiteknya sangat artistik menyerupai jembatan di negara-negara barat.

Jembatan yang melintang diatas sungai Progo (pada gambar: jembatan paling kiri) ini merupakan insfrastruktur sejak jaman pemerintahan Belanda dan merupakan jembatan tertua di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang menghubungkan antara kabupaten Kulon Krogo dengan kabupaten Bantul.

Dan jembatan ini merupakan jalur utama atau jalan antar kota antar propinsi dari Yogyakarta menuju ke kota-kota di jawa tengah, jawa barat, DKI Jakarta dan lain sebagainya. Dan sekarang jembatan ini sudah tidak lagi difungsikan untuk lalu lintas, dan untuk menunjang aktifitas ekonomi masyarakat umum dan aktifitas lainnya karena telah dibuatkan dua jembatan pengganti yang baru.

Terlihat dalam gambar jembatan paling tengah adalah jalur ke timur menuju kota Yogyakarta dan jembatan paling selatan (sisi kanan) adalah jalur ke barat menuju kabupaten Kulon Progo atau keluar dari wilayah DIY.

Dengan dibuatnya dua jembatan baru ini tentunya diharapkan agar bisa menunjang aktifitas ekonomi atau bisnis di Daerah Istimewa Yogyakarta akan menjadi lebih lancar.

NB: Foto diatas diambil dari sebelah barat sungai Progo.

Tinggalkan Pesan Atau Link Anda Di Bawah Ini

Thanks for coming ...

°