-:-

INFLASI

Memahamimi inflasi {lawan dari deflasi)  dengan mudah yaitu suatu keadaan dimana nilai uang berubah menjadi semakin murah dibandingkan dengan nilai barang/jasa dan nilai uang asing. Dengan kata lain harga-harga beraneka ragam barang dan jasa menjadi mahal. L o n j a k a n harga-harga aneka barang inilah yang disebut inflasi dalam rentang waktu sebulan, setahun atau lebih. Jadi barang-barang yang ada di masyarakat dalam kurun waktu tersebut harganya naik terus dan menjadi semakin mahal diperjual belikan, terutama barang-barang kebutuhan pokok dan bahan mentah.

Disemua negara inflasi ini terjadi juga cuma yang berbeda adalah tingkat kenaikan harga-harga barang tersebut. Ada yang lonjakannya tinggi, sedang dan rendah.

Jika lonjakan ini sudah tidak terjadi dan semua haraga kebutuhan pokok dan bahan baku stabil dalam kurun waktu yang lama setahun lebih misalnya, walaupun nilai mata uang disuatu negara terhadap nilai tukar uang dollar itu tinggi (misal 1$=Rp9000,-),ini bukan merupakan keadaan inflasi, karena tidak ada lonjakan-lonjakan harga barang atau jasa dalam rentang waktu tersebut.

Contoh inflasi, jika ditahun 2007 harga emas sekitar Rp200 ribu /gram pada tahun 2011 menjadi Rp300 ribu/ gram, lalu harga bensin yang dulunya Rp3500,- menjad Rp4500,-/liter, harga beras yang dulu hanya Rp3500,-/kg naik menjasi Rp5000,-/kg dan kenaikan harga barang-barang yang lainnya.

Dan di Indonesia yang namanya inflasi ini sudah menjadi hal biasa/lumrah bahkan sudah seperti menjadi budaya, coba saja kita amati dari tahun 80an sampai sekarang tahun 2011 ini.

Contoh terjadinya inflasi yang lumayan extrim dan masih belum lama kejadiannya di Indonesia yaitu pada tahun 1998 dimana berawal dari kenaikan nialai dollar yang naik terhadap nilai mata uang rupiah,  yang waktu itu sempat sampai mennembus Rp16ribu per satu dollarnya dan akhirnya turun sampai sekarang ini menjadi sekitar Rp9ribuan.

Dan bersamaan dengan itu  terjadi pula demonstrasi masa besar-besaran menuntut turunnya presiden Soeharto sebagai presiden yang disertai kerusuhan masal diberbagai kota di sebagian kota-kota di jawa. Dan ditambah lagi faktor jatuh temponya hutang luar negri yang secara otomatis akan membuat jumlah uang dollar di dalam negeri saat itu menjadi berkurang drastis dan akibatnya nillai dollar menjadi sangat tinggi.

Lalu kenaikan harga beraneka ragam kebutuhan pokok dan lain-lainnya ikut merangkak naik pula yang pada akhirnya sampai seperti keadaan  seperti saat ini...........





.

Tinggalkan Pesan Atau Link Anda Di Bawah Ini

Thanks for coming ...

°