-:-

PENYEBAB INFLASI

Yang namanya perubahan harga barang atau yang sering dengan diistilahkan inflasi ini, dari kebutuhan pokok sampai pada akhirnya disusul dengan naiknya harga barang-barang lainnya di negeri kita tercinta Indonesia ini seolah sudah menjadi hal yang biasa dan tidak aneh lagi. Tapi keadaan ini sebenarnya disebabkan karena apa?

Jika berbicara tentang penyebab inflasi ini sebenarnya bermacam-macam dan tidak hanya satu fakor, dan biasanya pada jaman modern seperti sekarang ini yang paling menjadi penyebab naiknya semua harga barang-barang adalah jika terjadi kenaikan harga bahan bakar, tarif listrik, naiknya harga / nilai uang negara lain khususnya dollar, lalu ulah spekulan valuta asing yang memiliki finansial besar atau menarik invertasinya dalam bentuk mata uang asing yang tertentu secara besar -besaran, dan satu lagi yaitu kabar kanaikan gaji pegawai negeri tapi sepertinya ini hanya terjadi di negara ketiga seperti Indonesia, begitu kabar ini muncul padahal baru baru berupa kabar / isu para pedagang sudah beramai-ramai menaikkan harga barang dagangannya, dan tentunya masih ada penyebab lain yang menyebabkan terjadinya inflasi.

Dan akan terjadi inflasi parah adalah jika terjadi perang secara fisik / militer disuatu negara, karena mayoritas akifitas ekonomi masyarakat secara umum hampir menjadi berhenti atau berkurang drastis tapi disisi lain konsumsi terus berlangsung.

Dan dalam kondisi perang pastilah akan terjadi beraneka ragam kerusakan sarana produksi barang dan jasa. Maka jumlah barang di negara tersebut menjadi berkurang terus, dan disisi lain jumlah uang yang beredar bisa dibilang tetap jumlahnya.

Kembali ke masalah inflasi. Kalau kita cermati harga bahan bakar, tarif listrik dan kenaikan gaji PNS seperti tersebut diatas adalah merupakan kebijakan-kebijakan penguasa, jadi terjadinya inflasi di szuatu negara sebenarnya salah satu penyebabnya juga adalah pemerintah di suatu negara itu sendiri.

Belum lagi kalau pemerintah dalam menggelontorkan uang ke masyarakat berlebihan, misalnya dalam memberikan gaji kepada pegawai pemerintah tergolong tinggi dan tidak disesuaikan dengan pertumbuhan barang dan jasa. Maka faktor ini juga menyumbang terjadinya inflasi. Semakin banyak pertumbuhan uang yang beredar di masyarakat dan tidak diimbangi dengan pertumbuhan barang dan jasa maka secara otomatis akan terjadi inflasi. Memang yang namanya inflasi di suatu negara itu pasti akan terjadi, akan tetapi tingkat inflasi yang prosentasenya terlalu besar itu akan mengacaukan aktifitas perdagangan masyarat luas di suatu negara yang notabene masyarakat luas adalah target utama pemerintah yang harus disejahterakan kehidupannya.

Sebenarnya membahas penyebab tentang inflasi ini jika diteruskan bisa sangat panjang tetapi agar tidak berlebihan kami cukupkan dulu, semoga bisa bermanfaat terutama bagi sobat-sobat blogger muda Indonesia semua..... terimakasih atas kunjungannya.



Post terkait :

  • Akibat Buruk Inflasi.....
  • Tinggalkan Pesan Atau Link Anda Di Bawah Ini

    Thanks for coming ...

    °