-:-

Harga Daging Kelinci Dan Harga Kelinci Pedaging Di Jogja

Harga pasar daging kelinci di Yogyakarta dan sekitarnya di bulan Desember 2015 menumurut sumber yang bisa kami percaya adalah sekitar Rp30.000,- per kilo gram-nya dan kemungkinan besar sampai awal tahun 2016 harganya tidak mengalami perubahan yang signifikam.

Dalam membeli daging kelinci khususnya di Yogyakarta dan di sekitarnya yaitu Bantul, Sleman, Wates / Kulon Progo, Wonosari / Gunung Kidul dan juga di Muntilan, Magelang, Purworejo,... tidak bisa seperti kalau kita akan membeli daging ayam, kambing atau sapi yang sudah tersedia di pasar-pasar dan tinggal bilang kepada penjual pedaging mau beli sekian kilo, akan, tetapi harus membeli kelinci hidup baru bisa memperoleh daging kelinci karena disini memang belum ada atau masih jarang yang menjualnya secara eceran, karkas atau filiet misalnya.


Jadi jika ada seorang penjual sate kelinci misalnya yang akan membeli daging kelinci maka dia harus membeli seekor kelinci pedaging dengan bobot sekitar 2.5 kg atau lebih dengan usia minimal 5 bulan. Dan harga perolehannya adalah 2.5 X Rp30.000,- = Rp75.000,- . Ini jika langsung dari peternak, tapi kalau sudah dari pengepul atau pedagang maka harga perolehannya bisa menjadi sekitar Rp90.000,- atau bisa juga lebih tergantung tinggi rendahnya permintaan pasar.

Tapi jika ada yang pernah mengami kelinci miliknya cuma diharhagai kurang dari Rp70.000,- itu berarti pedagang atau pengepul memberikan harga per kilonya kurang dari Rp30.000,- agar memperoleh untung yang lebih tinggi. Dan fakta di lapangan pun pernah terjadi seorang pengepul membeli empat ekor kelinci lokal dengan bobot sesuai kriteria diatas dari seorang pemelihara kelinci dengan harga Rp230.000,- saja, yang artinya harga rata-rata tiap ekornya adalah dibawah Rp60.000,-.

Demikian uraian singkat tentang kondisi harga daging kelinci di Yogyakarta dan sekitarnya di tahun ini, dan untuk tahun - tahun mendatang yaitu 2017, 2018, 2019, dst... tentu akan terjadi perubahan harga.



Post terkait:
Makanan terbaik untuk ternak kelinci pedaging, indukan dan kelinci hias...

Tinggalkan Pesan Atau Link Anda Di Bawah Ini

Thanks for coming ...

°