-:-

FUNGSI PELAMPUNG DI DALAM KARBURATOR PADA MESIN BERBAHAN BAKAR BENSIN

Edisi OTOMOTIF | Sistim Karburator


Pada mesin yang berbahan bakar bensin, karburator atau ada yang menyebut karburasi adalah merupakan bagian yang sangat penting karena dia adalah suatu alat yang mensuplai langsung bahan bakar ke dalam silinder ruang bakar berupa campuran uap ( kabut ) bahan bakar dan udara.

Cairan bahan bakar bensin di dalam tangki bahan bakar, sebelum masuk menuju ruang bakar mesin untuk diledakkan harus melalui proses pengkabutan terlebih dahulu yang tujuannya adalah agar bensi menjadi mudah terbakar, dan alat untuk memproses pengkabutan bahan bakar bensin ini adalah bernama karburator. Dan di dalam karburator ini terdapat benda berupa pelampung.

Dan kegunaan atau fungsi pelampung ini adalah untuk mengontrol jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam ruangan bak karburator secara otomatis. Mekanismenya yaitu pelampung di dalam karburator akan bergerak naik turun dan mengungkit sebuah jarum. Ujung jarum yang letaknya berada di lobang saluran bensin yang berasal dari tangki bahan bakar akan membuka dan menutup lobang secara otomatis karena mengikuti gerakan pelampung.

Di saat bensin yang berada di dalam bak karburator berkurang maka pelampung akan bergerak turun dan diikuti turunnya jarum yang menyebabkan mengalirnya cairan bahan bakar ke dalam bak karburasi, dan disaat cairan bahan bakar bensin mengalir mencapai ketinggian tertentu maka pelampung pun akan terdorong ke atas, lalu jarum pun akan bergerak keatas pula yang menyebabkan aliran bensin berhenti tidak memenuhi ruangan dalam karburator.

Dengan demikian volume atau jumlah bahan bakar bensin yang berada di dalam bak karburator akan selalu tetap stabil, dan pada akhirnya kestabilan perbandingan campuran bahan bakar bensin dengan udara akan terjadi atau terwujud. Karena untuk mendapatkan tenaga yang stabil pada mesin, maka pembakaran di dalam ruang bakar haruslah stabil dan pembakaran yang stabil tersebut harus berasal dari perbandingan kabut bahan bakar dan udara yang stabil pula.

Jadi itulah fungsi pelampung yang berada di dalam bak karburator yaitu untuk menstabilkan volume bahan bakar yang berada di dalamnya. Sekian, ssmoga bermanfaat terutama bagi yang baru mau memulai bisnis di bidang otomotif atau bagi para penghobi otomotif.



Info :
[√] Harga dan spesifikasi Honxa CBR 250 ™

Tinggalkan Pesan Atau Link Anda Di Bawah Ini

Thanks for coming ...

°