-:-

Fungsi Skunder Crossover Di Dalam Box Speaker

Crossover adalah merupakan suatu alat atau rangkaian elektronik sederhana yang biasanya dipasang di dalam box speaker (salon suara). Memang tidak semua box speaker di dalamnya terpasang alat ini tapi untuk box speaker yang menggunakan tiga speaker (tweeter, medium speaker, woofer) biasanya dipasangi crossover.

Sudah diketahui bersama terutama bagi para penghobi elektronika dan khususnya yang berkecimpung di bidang audio sound system bahwa fungsi utama crossover yang terpasang di dalam box speaker adalah untuk menyaring atau membuat saluran-saluran suara yang diinginkan yaitu saluran suara frekuensi tinggi (suara treble), saluran frekuensi menengah (suara mediun) dan saluran frekuensi rendah (suara bass).

Dari fungsi utama crossover tersebut diatas ternyata jika dicermati terdapat fungsi sekunder yang tentunya menguntungkan yaitu speaker akan menjadi lebih awet (tidak mudah putus) sekitar 5%~10%. Yaitu pada speaker medium dan speaker woofer, karena getaran suara yang dihasilakan oleh amplifier sebelum sampai ke speaker melewati lilitan kawat email terlebih dahulu apalagi pada speaker medium selain melewati lilitan didepannya terdapat resistor yang tersusun secara paralel dengan speaker yang jika terjadi overload getaran suara akan menerobos lewat resistor tersebut.

Dan untuk speaker tweeter memasangkan kapasitor di terminalnya untuk mendapatkan suara tinggi (trebel) yang lebih lembut sesuai selara memang sudah merupakan hal lazim baik box speaker yang menggunakan crossover ataupun tidak. Tapi selain untuk mendapatkan suara yang diinginkan pemasangan kapasitor itu pun akan membuat speaker tweeter lebih awet.

Jadi manfaat pemasang crossover di dalam box speaker selain untuk mendapatkan kwalitas suara yang lebih bagus juga bisa untuk membuat semua speaker didalam boxnya lebih awet. Itulah fungsi sekunder crossover di dalam box speaker. Sekian dulu artikel ini, smoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan saya yang lainnya.



Artikel terkait :
√ • Fungsi glasswool di dalam box speaker.

Tinggalkan Pesan Atau Link Anda Di Bawah Ini

Thanks for coming ...

°