-:-

MEMPERBAIKI HANDEL REM CAKRAM YANG TERLALU DALAM SAAT DITEKAN

Edisi OTOMOTIF | Sistim Rem Cakram ( Disk Brake System ) Yang Bermasalah


Munggkin motor anda adalah termasuk motot yang keadaan rem cakram depannya pernah mengalami kondisi buruk ? Yaitu kondisi pengereman yang terlalu dalam saat handel rem ditekan. Dan setelah dilakukan penambahan cairan minyak rem ke dalam reservoir ternyata minyak rem tersebut malah tidak mengalir dan kondisi pengeremanpun masih sama juga ?

Padahal kit piston pompa pada master sistim rem cakram juga sudah diganti dengan yang baru dan setelah dipasang lalu dilakukan pengocokam berkali-kali menggunakan handel rem tetap saja sama, remnya masih dalam. Piye ikiii?

Jika anda termasuk yang pernah mengalami hal tersebut di atas sesungguhnya anda tidak sendiri, karena teman-teman saya tidak sedikit yang saya tahu juga mengalami hal seperti itu, dam saya sendiri juga pernah mengalami beberapa tahun yang lalu.

Dan dalam mengatasi hal ini setelah mencoba berbagai cara dan tidak berhasil... akhirnya saya mencoba sebuah cara yang tidak lazim untuk standar reparasi rem cakram yaitu memasukkan minyak rem dari lobang silinder pompa piston dan ternyata berhasil, karena pertimbangan saya waktu itu yaitu jika di semua area yang seharusnya terdapat minyak rem ( liquid ) tetapi jika ternyata ada gelembung udaranya maka saya perkirakan gelembung udara itu berada di ruang pegas ( per ) piston pemompa yang berada di bawah reservoir.

Dan berikut ini langkah-langkah melakukannya.

1. Melepaskan master dari stang dan membiarkan reservoir tetap dalam keadaan tertutup. Dan setelah itu diikuti dengan melepas handel rem.

2. Lalu lilit atau membalut selang karet penggerak yang terhubung dengan master silinder dengan menggunakan lap untuk berjaga-jaga jika ada minyak rem yang tumpah.

3. Kemudian melepas piston pemompa minyak rem dengan posisi lobang silindernya menghadap ke atas. Lalu tuangkan minyak rem dengan hati-hati, dan setelah itu piston pemompanya dimasukkan lagi tapi kawat penguncinya tidak dipasang dulu, dan ini adalah bagian yang paling sulit karena harus menekan keras untuk memasang hendel remnya. Dan di bagian ini sebaiknya dilakukan oleh dua orang agar lebih mudah.

4. Lalu menekan handel remnya, jika sudah terasa keras maka lepas handel rem untuk pemasangan karet penutup pompa dan kawat penguncinya (sirklip). Tapi jika ternyata masih terasa dalam saat handel ditekan maka piston pemompanya harus dilepas lagi dan ditambahkan minyak rem secukupnya sampai terasa keras saat handel remnya ditekan.

5. Kemudian memsang master rem pada setangnya kembali lalu memeriksa roda untuk diputar-putar, jika ternyata terasa berat maka harus dilakukan penyesuaian atau penyetelan yaitu dengan mengendorkan baut lobang nipel, sedikit demi sedikit agar tidak kebablasan. Kencangkan lagi baut nipelnya lalu tekan handel remnya sampai roda lancar bisa berputar.

Itulah kisah nyata perbaikan rem cakram yang lumayan melelahkan dan tentunya banyak orang juga mengalami hal yang sama. Sekian tulisan ini semoga bisa memperkaya wawasan kita.



MASALAH :
» BAGAIMANA CARA MENGATASI KESULITAN MASUKNYA MINYAK REM CAKRAM KEDALAM SITIM SELANG PENGGERAK

» MINYAK REM CAKRAM TIDAK MAU MENGALIR SAAT DIPOMPA / DIKOCOK

CARA MENGHILANGKAN GELEMBUNG UDARA DI DALAM SISTIM REM CAKRAM

Artikel terkait :
[√] Fungsi pelampung di dalam karburator mesin bensin..

Tinggalkan Pesan Atau Link Anda Di Bawah Ini

Thanks for coming ...

°